10 PERTANYAAN POPULER SEPUTAR MADU

10 PERTANYAAN POPULER SEPUTAR MADU


1. Apakah yang dimaksud dengan madu murni/ asli?

Secara umum madu murni/ asli didefinisikan sebagai madu dengan kondisi yang sama seperti madu yang ada di sarang lebah atau yang diperoleh dengan cara ekstraksi, tanpa melalui proses pemanasan maupun penambahan substansi lainnya.

2. Apakah madu dengan proses penyaringan tetap tergolong sebagai madu murni/ asli?

Ya, selama tidak ada proses pemanasan dan penambahan substansi lain.

3. Kenapa madu disaring?

Madu yang disaring oleh sebagian pembudidaya dengan beberapa alasan, diantaranya:
  • Banyak konsumen lebih memilih madu yang cair dan tetap cair dalam waktu yang lama. Semua madu akan mengkristal pada akhirnya. Partikel yang tersuspensi dan gelembung udara halus pada madu berkontribusi dalam proses kristalisasi yang lebih cepat. Proses penyaringan membantu menunda kristalisasi, membantu madu tetap cair untuk waktu yang lebih lama dibanding madu tanpa penyaringan.
  • Madu disaring untuk menghilangkan padatan asing yang tersisa setelah pemrosesan mentah awal oleh peternak.

4. Apakah madu yang tidak disaring lebih bernutrisi dibanding madu yang disaring?

Sebuah studi pada tahun 2012 oleh Dewan Madu Nasional Amerika menganalisis kadar vitamin, mineral dan antioksidan dalam madu mentah (tanpa penyaringan) dan madu dengan proses penyaringan. Studi ini menunjukkan bahwa penyaringan secara signifikan mengurangi kandungan serbuk sari dari madu, tetapi tidak mempengaruhi kandungan nutrisi atau aktivitas antioksidan, sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa profil mikronutrien madu tidak terkait dengan kandungan serbuk sarinya dan tidak terpengaruh oleh proses penyaringan.
Studi tahun 2012 dan abstrak dengan analisis statistik dipresentasikan di Federasi American Society for Experimental Biology (FASEB) Conference di Boston April 20-24, 2013.

5. Apa peranan pollen (serbuk sari) dalam madu?

Madu diproduksi oleh lebah dari nektar bunga dan tanaman, bukan dari serbuk sari. Serbuk sari sebenarnya merupakan substansi yang keberadaannya tidaklah disengaja terdapat dalam madu, dibawa oleh lebah sebagai sumber makanan bayi lebah,atau secara tidak sengaja dimasukkan ke dalam madu dengan cara lain, seperti selama proses ekstraksi. 
Serbuk sari dalam madu terkadang dianalisis untuk membantu menentukan sumber bunga utama. Jumlah serbuk sari dalam madu sangat kecil dan tidak cukup untuk mempengaruhi nilai gizi madu.
Madu tetaplah madu, meskipun tanpa serbuk sari.  

6. Bagaimana cara lebah membuat madu?

Madu adalah cairan manis yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar bunga. Lebah-lebah pekerja mengubah nektar bunga yang mereka kumpulkan menjadi madu dengan menambahkan enzim ke nektar dan mengurangi kelembaban dengan cara mengipaskan sayapnya.

7. Mengapa madu yang saya beli terlihat atau terasa berbeda dari madu yang biasa saya konsumsi?

Madu hadir dalam banyak warna dan rasa. Inilah yang disebut varietas madu dan varietas itu ditentukan oleh jenis bunga yang dikunjungi lebah untuk mendapatkan nektar. Ada yang ringan dan manis; yang lain gelap dan tebal. 
Pilih madu yang Anda sukai dan nikmati!

8. Madu saya menjadi padat (mengkristal). Apakah masih bagus?

Kristalisasi adalah proses alami dimana glukosa dalam madu mengendap keluar dari madu cair. Berbagai varietas madu akan mengkristal pada tingkat yang berbeda, dan beberapa tidak sama sekali. Jika madu Anda mengkristal, cukup tempatkan botol madu dalam air hangat dan aduk sampai kristal larut. Berhati-hatilah untuk tidak merebus atau menghanguskan madu. Juga perlu diingat bahwa Anda dapat memakan madu dalam bentuk yang terkristalisasi.
Cukup ambil dari botol dan sebarkan di atas roti panggang Anda atau masukkan ke dalam teh Anda!

9. Apa saja nutrisi yang terkandung dalam madu?

Penelitian telah menunjukkan bahwa madu mengandung beragam vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan. Flavonoid dan asam fenolik, yang bertindak sebagai antioksidan, ditemukan dalam madu. Jumlah dan jenis senyawa ini sangat tergantung pada sumber bunga.

10 PERTANYAAN POPULER SEPUTAR MADU

10. Apakah madu memiliki tanggal kadaluwarsa?

Madu yang disimpan dalam wadah tertutup dapat tetap stabil selama beberapa dekade dan bahkan berabad-abad! Namun, madu rentan terhadap perubahan fisika dan kimia selama penyimpanan; seringkali madu cenderung berwarna lebih gelap, kehilangan aroma dan rasa, atau mengkristal. Hal ini merupakan proses yang sangat dipengaruhi oleh suhu penyimpanan, sehingga sulit untuk menetapkan batas waktu penyimpanan madu. Oleh karenanya dianjurkan untuk menyimpan madu pada suhu ruangan, bukan di lemari pendingin, maupun ditempat yang terpapar sinar matahari langsung, karena penyimpanan pada suhu dingin atau suhu panas dapat menyebabkan enzim-enzim yang terkandung pada madu menjadi rusak.
Untuk tujuan praktis, biasanya diambil perkiraan waktu penyimpanan selama 2 tahun.  Madu yang diproses, dikemas dan disimpan dengan baik dapat mempertahankan kualitas madu tersebut dalam jangka waktu yang lama. 
Jika anda ragu, buang, dan beli yang baru!

Para penggemar Madu di Indonesia telah merasakan khasiat terbaik dari Madu Cakrawala dan ini adalah alasan yang cukup kuat bagi kamu untuk mencoba salah satu Merek Madu Terbaik di Indonesia hari ini!

Ambil sebotol Madu Cakrawala hari ini!

Order via WhatsApp, klik link: 👉 MADU CAKRAWALA

Order via Bukalapak, klik link: 👉 MADU CAKRAWALA

Order via Tokopedia, klik link: 👉 MADU CAKRAWALA

#savelife!

Ref